Seputar Android, Gadget, Tutorial, Tips and Trik, Reset,Samsung,Smarthpone,Windows Phone, Application and News

7 Tips Berbicara di Depan Umum

Salam sejahtera, sahabat bloggers,




Kemampuan seseorang dalam berbicara di depan umum pada era global seperti saat ini, sangatlah diperlukan dan bisa dikatakan merupakan keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh siapapun. Entah itu direktur, pengusaha, dokter, mahasiswa hingga bapak RT sekalipun.

Keterampilan berbicara di depan umum yang baik akan membuat kita dapat menyampaikan ide dan gagasan kita kepada audience sehingga mudah dimengerti dan mampu diimplementasikan dalam bentuk aksi nyata tentunya. Untuk dapat berbicara di depan umum, sangatlah tidak mudah. Perlu kesiapan baik dari segi materi dan mental serta LATIHAN. Dikarenakan kunci kesuksesan dari kemampuan berbicara di depan umum adalah seringnya latihan dan jam terbang.


lalu, bagaimana tips menanganinya ?

Berikut ini adalah tips nya :

1. Kuatkan dan Luruskan Niat
Niat merupakan prinsip utama untuk dapat berbicara di depan umum, dikarenakan antusias audience dapat dilihat melalui bagaimana keseriusan kita dalam menyampaikan gagasan kepada public. Selain itu, kita berbicara di depan umum bukanlah bertujuan untuk mengejar popularitas dan materi semata, melainkan kita berbicara karena benar - benar ingin berbagi informasi dan menyampaikan gagasan.

2. Kenali Audience
Mengenali kondisi audience sangat diperlukan agar gagasan yang ingin kita sampaikan dapat dipahami oleh audience secara utuh. Seringkali suatu gagasan tidak dapat diimplementasikan dikarenakan kurangnya pembicara mengenali audience nya. Untuk itulah, sebelum show off, kita harus mengetahui siapakah audience nya, apakah dia anak - anak, remaja atau orang dewasa, kemudian apakah profesinya, apakah dia guru, pejabat, mahasiswa bahkan mantan narapidana sekalipun, lalu kita juga harus mengenali dimana lokasi kita berbicara dan bagaimana budaya setempat, dan lain sebagainya. Untuk cara mengenali audience sendiri akan dibahas di lain waktu.

3. Kuasai Diri
Menguasai diri sebelum berbicara di depan umum merupakan suatu hal yang penting dilakukan, dikarenakan apabila masih ada keraguan dan kegelisahan dalam diri kita, tentu tidak akan maksimal dalam menyampaikan gagasan kita di public. Banyak tips untuk menangani permasalahan ini, mulai dari banyaknya berimprovisasi diri, memahami suasana dan situasi serta percaya diri tentunya. Banyak LATIHAN adalah kuncinya.

"Jangan katakan hal - hal kecil dengan banyak kata - kata, tapi katakanlah sesuatu yang besar dengan sedikit kata" (Phytaghoras : 580 - 500 SM)
4. Kuasai Materi
Setelah menguasi diri sendiri, penguasaan materi sangat penting dilakukan dikarenakan materi merupakan hal yang akan kita sampaikan kepada audience. Untuk menguasai materi, kita dapat melakukan dengan cara mengelist apa saja yang akan kita bawa kemudian mencatat pokok - pokok pembahasan.

6. Berinteraksilah dengan Audience
Banyak pembicara yang sebenarnya memiliki pribadi dan materi yang menarik, namun tidak bisa memuaskan audience, dikarenakan kurangnya berinteraksi dengan audience. Berinteraksi dengan audience dapat dilakukan dengan menyapa audience, menyampaikan umpan balik ke audience dan menunjukkan keramahan tentunya kepada audience.

7. Selalu Beretika dalam Berbicara
Etika, poin yang sangat penting dalam berbicara di depan umum. Etika dalam berbicara dapat dilakukan dengan tidak memotong orang lain yang tengah berbicara dan selalu berbicara dengan sopan dan lugas.

Demikianlah tips yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih atas kritik dan sarannya.


sumber gambar : https://farm6.staticflickr.com/5616/15785086835_71d7e23673.jpg 
Tag : Tips
0 Komentar untuk "7 Tips Berbicara di Depan Umum"

Selamat Datang di Warta Android. Berkomentar sesuai aturan. Anda sopan saya segan

Back To Top